Inilah 17 Cara Mendapatkan IPK Tinggi tanpa harus Bersusah Payah Belajar

Inilah 17 Cara Mendapatkan IPK Tinggi tanpa harus Bersusah Payah Belajar

Mendapatakan nilai IPK yang tinggi bagi kalangan tertentu adalah sebuah kemewahan. Karena nilai itu bisa jadi persembahan untuk orang tercinta kita.

Tapi terkadang kita kok gak mudah banget ya buat dapetin nilai yang tinggi? Pernah ngerasain begitu?

Apa yang dipaparkan di sini adalah pola yang udah terbukti menghasilkan IPK yang tinggi.

Ada 17 Cara mendapatkan nilai A yang berdampak ke nilai ipkmu. Tentunya bisa kamu praktekkan langsung. Niatkan untuk bersungguh sungguh ingin menjadi mahasiswa berprestasi. ^_^

Mari simak apa aja?

 

#1. Pahami Gaya Belajarmu

Gaya Belajar adalah cara pendekatan belajar untuk bisa menghasilkan hasil yang maksimal.

Kalau selama ini kamu belum mendapatkan pemahaman yang kamu inginkan atau terkadang materi gak masuk masuk.

Bisa jadi kamu belum paham gaya belajar mu seperti apa.

Misal gaya belajar itu kamu gak bisa konsentrasi kalau ruangan gerah, berisik, maka kamu coba tenangkan diri dan cari teman yang sejuk (bisa juga ber AC).

Kamu bisa mengetahui gaya belajarmu dengan membaca buku Quantum Learning Bobbi Deporter atau daftar jadi member di YouthManual dengan mengikuti assessment yang ada.

Btw, gaya belajar ini adalah pembeda para mahasiswa berprestasi dan yang bukan. Mereka terlihat gak belajar begitu keras, tapi menghasilkan nilai yang cukup memuaskan.

 

#2. Kenali Siapa Dosenmu

Gak semua dosen itu killer (baca: galak atau tegas banget). Minimal ketika kita melontarkan perkataan dosen itu gak tersinggung dengan perkataan kita.

Perlakuan sikap kita pun gak membuatnya sakit hati. Semakin kenal karakteristik dosen. Semakin mudah memahami apa aja keinginannya.

Apakah dia orang yang statis (garis lurus)?

Apakah dia orang yang humoris (bisa diajak bercanda)?

Apakah dia orang yang plegmatis (gak banyak gerak dan suaranya pelan)?

Dari sini kamu mesti memahami bagaimana karakteristik dosen..

 

#3. Kenali Mata Kuliahmu

Dalam setiap mata kuliah ada aja yang kita kurang sukai. Entah mungkin dari mata kuliahnya kita kurang minat atau emang dosen yang kurang menyampaikan dengan antusias.

Tapi jangan khawatir kamu bakalan tetap mendapatkan nilai yang baik di mata kuliah ini. Yang penting kamu mengenali dosenmu, aturan mainnya, dan menyimak ketika dosen menyampaikan materi.

Dengan pendekatan yang baru yakni dengan gaya belajarmu. Kamu pasti bisa sedikit memahami apa yang dosen maksud dalam mata kuliah itu.

 

#4. Jadilah Beda

Arti menjadi beda di sini adalah aktif bertanya, menunjukan prestasi, memiliki kecakapan (skill) tersendiri.

Karena gak semua mahasiswa memiliki skill yang kita miliki. Mungkin ada tapi di kelas itu bisa dihitung jari.

 

#5. Jujurlah kepada Diri sendiri

Disampaikan kalau uts atau uas itu baiknya jujur kepada diri sendiri. Karena ujian itu pembuktian seberapa jauh pemahaman kamu terhadap mata kuliah.

Nilai gak penting kalau pemahaman kita tetap gagal paham. Dari sini kamu akan lebih terpacu untuk terus meningkatkan pemahaman.

Caranya lebih peka terhadap diri sendiri. Bagaimana menyerap apa yang disampaikan oleh dosen.

(baca juga: Mahasiswa Berprestasi Memiliki Satu Hal Ini.)

 

#6. Kerjakan Tugas

Namanya mahasiswa mau gak mau. Yang namanya tugas itu udah jadi bagian konsekwensi.

Jadi bagaimana pun kerjakan aja. Karena ada beberpa dosen meniliai dari sekedar tugas yang kita kerjakan. Dari kesungguhan dan kreativitas kita.

 

#7. Hadir selalu

Dosen tau mana yang rajin mana juga yang jarang masuk. Walau kita gak pinter pinter amat. Kalau kita rajin dan aktif bertanya.

Ya dosen juga akan menghargai perjuangan itu.Emang ada kelonggaran untuk gak masuk. Tapi baiknya gunakan jatah itu dengan bijaksana.

 

#8. Kontrol Stressmu

Stress itu alamiah, tapi kalau gak dikontrol akan mengabatkan kita gak fokus dan hilang konsentrasi. Pada akhirnya sulit untuk berpikir jernih. Kamu mesti kendalkan stressmu.

 

#9. Jalinlah hubungan

Dosen itu suka sekali bila ditimba ilmunya. Menjalin hubungan di sini. Gak hanya di dalam kelas dan di luar kampus juga.

Cobalah bertanya tentang mata kuliah di jam kuliah. Atau sekedar membicarakan isu terkini. Dan mintailah pendapat darinya.

 

#10. Rendah Hatilah

Jangan sombong dan harus selalu kosongkan gelas. Kalau dosen ngomong baiknya simak dengan baik.

Dan kalau salah jangan langsung didebat di depan saat ia mengajar. Karena itu akan menjatuhkan harga diri. Bagaimana pun dosen lebih pintar dari pada kita sebagai mahasiswa.

 

#11. Membaca buku/referensi

Dosen akan senang sekali kalau mahasiswanya suka membaca buku yang direfensikan atua minimal ketika ngobrol nyambung.

Karena dosen menangkap kamu orangnya rajin dan mau meningkatkan kapasitas diri. Dan dosen pun merasa ada teman ngobrol kalau kita nya nyambung.

 

#12. Tangkap Esensinya

Saat dosen memberikan tugas yang menurut kamu gak masuk akal atua ngeribetin. Jangan kehilangan kontrol.

Karena dosen gak sepenuhnya ngasih tugas demikian. Terkadang dosen hanya ingin mahasiswa mengetahui bagaimana prosesnya.

 

#13. Kontrol Energimu

Kalau udah capek. Waktu pun akan dipakai istirahat. Maka dari itu mengontrol energi sama aja kita mengontrol waktu.

Contoh kecil kita habiskan energi hanya untuk scoll dan waktu kita habis. Dan kita jadi maget untuk melalukan hal (contoh mengerjakan tugas).

 

#14. Luangkan waktu untuk sendiri (MeTime)

Ada kalanya kita melepaskan segala aktivitas perkuliahan agar pikiran fresh lagi. Cari cara untuk menyenangkan diri sendiri. Asal halal dan legal. Ya lakukan. Jangan yang bersifat destruktif (merusak).

 

#15. Bersikap Sopan

Sepengalaman ku sejak smp. Guru dan dosen itu kalau lebih mudah memberikan nilai kalau kita bersikap sopan.

Tapi ingat…

Kita niatkan emg untuk menjalin hubungan dan menghormati, bukan ‘menjilat’. Bersikap sopan adalah salah satu untuk merebut hati dosen dan mau memberikan nilai A saat akhir semester.

 

#16. Berhenti Mengeluh

Mengeluh bukanlah cara untuk mendatangkan solusi. Jangan mengeluh ketika perlakuan dosen mu kurang menyenangkan.

Tetaplah berprasangka baik. Karena itu lebih baik. Percayalah. Kamu akan menikmati hasilnya.

 

#17. Menikmati Hasil

Setelah nilai Uas mu semua beres. Dan kamu berhasil mendapatkan ipk tinggi. Nikmatilah.

Kamu bisa memberikan reward atau hadiah untuk diri karena udah mencapai apa yang diinginkan. Tapi berikan juga semangat saat belum mencapai apa yang diinginkan.

17 cara ini adalah pola. Artinya apa yang pernah aku lalukan bisa kamu duplikasi dan menghasilkan hasil yang sama.

So, kalau alasan udah kuat, tekad udah bulat, cara pun udah didapat. Masih ingin beralasan mendapatkan nilai ipk tinggi sulit? ^_^

10 Comments

    1. ini aku alami.. bahkan dia udah bilang susah ngasih nila A.
      nyatanya aku dapet nilai A.

      polanya
      Yakin bisa dapet nilai A -> menyimak -> diskusi di kelas -> dan jalin hubungan… insyaaAllah dah ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FREE EBOOK + WEBINAR

Dapatkan Ebook Pengembangan Diri untuk Kebahagiaan, Keahlian, dan Motivasi Anda dan WEBINAR Cara Jitu Jadi Blogger Produktif!




BERHASIL! Cek Email untuk lebih lanjut!