KejarMimpi: Nggak suka baca dan nulis tapi pilih Profesi Professional Blogger

KejarMimpi: Nggak suka baca dan nulis tapi pilih Profesi Professional Blogger

Memilih profesi itu sama dengan memilih masa depan kita. Setuju ya Sobat? Karena Tuhan telah menganugerahkan potensi ke dalam hidup kita agar kita bisa bertahan hidup di bumi ini.

Tapi mbok iya, potensi kita masa untuk bertahan hidup saja. Karena ada yang lebih dari itu. Apa lagi kalau bukan untuk berkarya. Setuju lagi ya Sobat?

Dalam buku ON karya Jamil Azzaini menjelaskan kalau memilih profesi itu harus sesuai PASSION. Karena PASSION adalah bahan bakar dalam menjalani profesi itu.

Masih bingung Sob apa itu PASSION? Sederhananya PASSION itu kamu menjalani aktivitas yang kamu sukai tanpa merasa lelah, rela untuk nggak dibayar dan siap berkorban untuk meraih apa yang kamu inginkan. Jadi, APA PASSION KAMU?

 

Menemukan PASSION = Menemukan Berlian Diri

Setuju ya kalau pernyataan di atas. Karena dengan PASSION kita menjalani profesi tersebut dengan penuh semangat dan gairah.

Coba kamu bayangkan kalau seandainya kamu menjalani profesi yang kurang kamu sukai. Aku yakin deh kalau kamu bakal bete, badmood, mager sebelum pekerjaan itu selesai atau bahkan sebelum dimulai.

Biasanya passion itu berhubungan dengan masa kecil juga sobat. Nggak percaya? Dulu mungkin kamu suka banget menggambar di buku tulis bagian belakang atau suka banget ngulik benda benda mekanik.

Karena terus terang aku sangat suka sekali memodifikasi tamiya walaupun sebenarnya belum pernah balapan. Huft. Sedih juga ya? Modifikasi terus tapi belum pernah dilombakan di kejuaraan.

Dalam perjalanan ku menemukan passion atau berlian dalam diri sungguh melelahkan. Dan sungguh aku nggak mau kamu melakukan apa yang aku lakukan ketika di masa remaja.

Sejak kelas 6 SD aku suka sekali bermain komputer, mengulik aplikasi yang terdapat di komputer tersebut. Sampai pada akhirnya kelas 8, aku memecahkan rekor. Yakni mengantarkan CPU komputer satu bulan sekali ke tempat service. WOW!

Sungguh sakit pilu yang aku rasakan. Ya, kamu benar sekali. Mamah ngomel ngomel. Namun beruntunglah aku, karena aku saat itu berpikir bagaimana cara menginstall komputer sendiri. Ya, aku belajar dari internet. Sampai rumah aku install. Bisa? Ternyata nggak!

Kegagalan di masa lalu, sebaiknya jangan dianggap sebuah kegagalan total. Ingat! Kata Pak Tung Desem Waringin “tidak ada kata gagal, yang ada hanyalah sukses atau belajar”. Aku nikmati kegagalan dari ‘kenakalanku’.

Sampai pada akhirnya aku bisa mendapatkan uang untuk jajan sehari hari dari jasa menginstall ulang laptop dan komputer. Saat itu masih duduk di kelas 11 dan 12.

Mulai terlihat berlian diri, aku cenderung ke IT, teknis. Salah satu nasihat Motivator yang masih terngiang dalam benak ku “PASSION juga yang akan memberikan mu penghidupan”.

Maksudnya dari minat dan kesenangan yang kita miliki kita bisa hidup dari itu. Di luar sana ada saja yang akan membutuhkan jasa atau barang kita ciptakan.

Mungkin kamu merasa demikian. Dari kecil sudah suka menggambar, ketika SMA sudah banyak mendapatkan pesanan seperti WPAP Art, gambar Vektor, dsb.

Ini adalah awal yang baik.

 

Berlian itu Mulai Redup Cahayanya.

Kamu setuju lagi ya? Kalau masa masa SMA itu masa yang paling indaaahhhh. Saat SMA pula kita menjadi banyak bertanya kepada diri sendiri, berubah menjadi orang lain, sehingga kita sendiri kadang suka cepat capek.

Saat itu aku masih kelas 11 semester 2. Awalnya aku nggak suka membaca dan menulis. Namun pada agustus 2012 aku ‘ditampar’ habis habisan oleh satu buku. Dari situ aku bertekad ingin menjadi pribadi yang gemar membaca.

Awal tahun 2013 Aku membaca buku psikologi, yang berjudul Pemulihan Jiwa. Agak aneh memang, tapi kalau sudah baca.Aku yakin kamu pun akan ketagihan sampai jilid tujuh! Kamu nggak salah baca, ya T-U-J-U-H!

Sederhananya aku mulai berpaling dari kesenengan mengulik komputer. Padahal saat itu aku dipercaya untuk menjadi ketua LAB IT. Wah.

Aku mulai lebih banyak membaca buku yang serupa. Dan lebih ekstrimnya lagi aku membaca buku Pengantar Psikologi Umum karya (alm.) Prof. Sarlito.

Bahkan guru ku hampir semua nya kaget ketika aku memilih jurusan Psikologi Universitas Indonesia saat SNMPTN 2014.

Dua tahun terakhir. Tahun yang paling membuat ku ingin tertawa lepas selepasnya. Bagaimana bisa seorang anak muda mudah bergonti ganti profesi padahal belum pernah mengalami. Atau mungkin kamu juga pernah?

Dari jadi ingin Psikolog, Hipnoterapis, Writerpreneur, Trainer Internasional, Public Speaker, Coach, Consultant, Marketers handal, dan Negosiator.

Diantaranya aku pernah memutuskan untuk jadi demikian. Yang jelas aku nggak pernah ingin jadi koki. Hehe.

Capek gonta ganti memilih profesi? Capek banget. Belum juga ada hasilnya sudah ganti lagi. Kamu nggak mau kan? Sebentar lagi kamu akan tahu situs dimana kamu bisa menemukan berlian kamu.

 

Mengenal Diri lebih dalam bersama YouthManual.com

Saat itu aku sudah mengenal tes Psikologi. Yang aku lakukan adalah tes MBTI. Ya. Aku mencoba mencari tes MBTI atau kepanjangan dari Myers-Birggs Type Indicator.

Setelah aku tes MBTI online. Ternyata aku ENFP! Ya, ENFP itu orangnya Influencer. Suka sekali memengaruhi. Namun seringin berjalannya waktu ENFP ini menjadi berganti ISTP.

Dari mana aku mengetahui bahwa hasil terupdate ku adalah ISTP? Aku baru saja mengetes minat dan kepribadian di YouthManual.com.

Situs yang menurut ku keren sekali. Di sana terdapat banyak informasi untuk mengenali diri lebih dalam.

“Jadi, apa YouthManual.com itu?”

Sederhananya situs platform perencanaan kuliah dan karier online berbasis data, didukung oleh teknologi People Science© untuk kaula muda seperti Kamu dalam merancang dan mempersiapkan masa depan. Daripada bingung mengenal diri sendiri, dan minim informasi juga. Ya baiknya join aja di YouthManual.com.

Ada akun gratis, ada juga akun premium. Kalau aku alhamdulillah, pakai yang youthmanual premium selain lengkap fiturnya (Masukin Kupon KEJARMIMPI10 buat dapetin diskon 10% akun premium dan kamu bisa ikuti langkah di sini untuk upgrade akunmu). Banyak juga informasi yang bisa digali untuk diri sendiri.

Setelah aku bandingkan antara tes bakat yang aku jalani dari MBTI, DICS, dan STIFin. Aku akhirnya membenarkan apa yang YouthManual.com tampilkan hasilnya.

Setelah aku menyelesaikan Assessment Modul Kepribadian.

Awalnya aku ini memang ekstrovert, setelah tes STIFIn ternyata aku ini introvert. Tapi bukan berarti aku ini pendiam.

Karena aku si Sanguinis yang selalu cari popularitas! Rumit memang. Namun di YouthManual.com kamu nggak perlu merasa rumit. Jalani saja tes yang tersedia.

Tampilan awal YouthMAnual.com setelah kamu login.

Aku sudah menyelesaikan segala fitur premium yang ada di YouthManual.com. hasilnya 89% akurat. Maksudnya akurat dari apa yang aku jalani saat ini YouthManual.com mampu menjelaskan secara teorinya.

Kemana 11% nya lagi? 11% ini dipengaruhi kondisi psikologis. Karena saat tes, kita tak sepenuhnya bener benar kondisi prima.Walaupun sudah maksimal meminimalisir gangguan. Ada saja yang menjadi kehilangan fokus.

Namun aku merasa setelah tes semakin yakin dengan apa yang aku jalani saat ini. YouthManual menguatkan apa yang menjadi keahlian dan kamampuan ku.

Walaupun kamu akan tahu diri kamu siapa yang sesungguhnya. Kamu tetap memegang peran untuk mengambil keputusan.

Mungkin kamu juga mulai penasaran dengan fitur premium yang ada di YouthManual.com. Mari simak…

Peta Perjalanan YouthManual.com

#1. Pengenalan Diri

Pada peta perjalan yang pertama ada Pengenalan Diri. Standar kok. Kamu hanya mengisi untuk memperlengkap identitas diri kamu.

Mulai dari tanggal lahir. Status kamu masih sekolah atau kuliah. Alasan kenapa memilih sekolah/unversitas tersebut.

Kalau kamu yang masih sekolah, ya kamu akan isi asal sekolah kamu, kalau kamu yang masih kuliah, ya kamu akan asal unversitas kamu.

Tahap pengenalan diri.

 

#2. Modul Kepribadian

Dalam Modul Kepribadian ini kamu diminta untuk memilih satu pernyataan dari dua pernyataan. Bukan soal benar atau salah. Karena dalam tes (apa pun tesnya, nggak ada yang namanya benar dan salah).

YouthManual.com hanya menginginkan kita mengisinya dengan tenang, tanpa gangguan, jujur (agar hasilnya akurat), serius (karena pengisian assessment ini nggak bisa diulangi), lalu pastikan tempat kamu kondusif, dan apa yang kamu isi akan tersimpan otomatis.

Setelah kamu mengklik dari kelima hal yang mesti kamu perhatikan. Soal assessment akan keluar. Jangan gugup. Karena bukan ujian. Semakin jujur, semakin baik.

Pilih dari kelimanya untuk bisa memulai assessment.

Ingatlah kata Sigmund Freud “Jujur kepada diri sendiri adalah latihan yang baik”. Artinya bila jujur kepada diri sendir itu bisa membangkitkan potensi ada di dalam diri kamu.

Pada Modul Kepribadian ini. Bila telah selesai. Maka akan muncul kepribadian kamu. Bila aku ISTP (Introvert, Sensing, Thinking, Perceiving) atau si Perajin. Dan benar adanya. Karena aku saat ini memang lebih suka memproduksi produk digital dibanding memasarkannya.

Lihat betapa detailnya YouthManual.com menganalisa kepribadian kamu.

salah satu yang kamu bakal jawab di Modul Kepribadian.. asyik banget deh pokoknya.

(lihat gambar assessment modul kepribadian. Mudah kan? Kalau penasaran baiknya ya kamu langsung daftar ke sini)

 

#3. Modul Minat

Pada Modul Minat ini YouthManual semakin menggali apa minat kita, apa kecenderungan kita, sama seperti modul kepribadian. Di awal kita harus mengikuti apa yang kamu mesti perhatikan.

Setelah kamu mengklik dari lima tersebut muncullah assessment Modul Minat ini. Lagi lagi nggak ada yang salah dan benar. Data yang terinput untuk menganalisa minat dan potensi kamu itu seperti apa. Disinilah kejujuran sangatlah penting. Siap ya?

Dari minat yang muncul sebagai kekuatan kamu. Itulah yang akan menjadi acuan kamu kuliah atau memilih profesi. Namun walau bagaimana pun kamu tetap memutuskan ingin jadi apa sebenarnya. Tapi jangan abaikan data yang ditampilkan oleh YouthManual terhadap minat kamu.

Ini adalah hasil minat ku 😀

sebelum ke modul 4 sebenarnya ada assessment gaya belajar kita lho. kamu bisa lihat gambar harta karun itu. ya, itu assessment untuk mengetahui gaya belajar kita seperti apa.

assessment gaya belajar ini akan terbuka ketika kamu sudah menyelesaikan modul minat.

 

#4. Modul Kemampuan

Pada Modul Kemampuan ini kamu benar benar diuji sejauh mana kemampuan kamu dalam mengolah fakta, mengambil keputusan, penalaran logika, kecermatan, kemampuan mengolah gambar, dan memahami bacaan.

Dalam assessment modul 4 ini. Kamu akan lebih serius. Tapi tetap santai. Wong kamu mengerjakannya di rumah. Namun jangan lupakan juga timer. Hehe.

Kalau aku boleh saran pada tahap ini sebaiknya kamu siapkan energi yang cukup ya. Karena terus terang aku telah menyelesaikan ini. Setelah selesai aku kelaparan. Hehe. (memang lagi puasa juga sih).

Proses sebelum mulai assessment modul kemampuan.
Salah satu soal dalam modul kemampuan.. asyik ya?

 

#5. Personal Values

Pada perjalan yang ke 5 ini lebih santai dari sebelumnya. Karena kamu hanya memilih satu dari dua pilihan mana yang benar benar yang mewakili nilai dalam kehidupan kamu.

Nilai nilai apa saja yang kamu anut dalam hidup mu. Karena ini menjadi pertimbangan YouthManual dalam mengakurasikan antara kepribadian, minat, dan kemampuan.

Aku sendiri telah membaca buku tes psikologi dan peminatan. Belum ada tes yang mengukur value secara personal. Disatu sisi memang agak sulit dalam mengakurasikannya. Karena kalau buku kan manual. Nah, di YouthManual ini semuanya serba otomatis. Friendly pula!

Ini proses assessment pemilihan Personal Values
Seperti ini hasil Personal Values. yang tertampil 3. namun aku hanya menampilkan 1. hehe.

 

#6. Keterampilan 21th Century

Pada perjalanan yang ke 6 ini masih coming soon. Namun bila kamu langsung mendaftarkan diri ke akun premium ya tinggal menunggu tanggal mainnya saja.

Bisa jadi keterampilan ini seperti kemampuan berinteraksi di sosial media, membuat blog, membuat konten, dsb. Itu hanya asumsi ku. Mungkin lebih keren dari apa yang aku bayangkan.

Karena menurut hemat ku, keterampilan di abad 21 ini salah satunya mampu membuat blog dan mengoperasikannya secara maksimal, mahir sosial media, apa lagi dalam membuat kontennya. Hehe.

So, ditunggu saja. Lagi pula fitur sebelumnya sudah keren keren. Apa lagi yang ini. Inovasi banget.

Assessment Keterampilan Abad 21 masih tahap pengembangan.

 

#7. Eksplorasi Profesi

Setelah kamu menyelesaikan berbagai macam assessment. Saatnya mengeksplorasi profesi. Bagian ini khusus untuk kamu yang sudah menjadi mahasiswa dan siap siap untuk menyambut dunia karir.

Bukan berarti kamu yang masih menjadi siswa nggak boleh buka ini. Boleh saja. Mungkin kamu setelah sekolah langsung ingin bekerja.

Namun bila ingin kuliah, perjalanan selanjutnya kamu akan mendapat eksplorasi jurusan dan kampus.

Dalam eksplorasi profesi ini YouthManual mencoba mengakurasikan antara kepribadian, minat, kemampuan dan personal values (nilai diri). Untuk bisa menghasilkan memberikan hasil profesi yang tepat untuk kamu.

Analisa YouthManual.com ini sangatlah tajam. Karena membandingkan antara kecocokan profesi dengan minat dan kemampuan kita. Keren ya?

Dari sini kita bisa dapatkan bahan pertimbangan profesi apa yang tepat untuk dijalani ke depannya. Ingat lho, profesi adalah masa depan.

Nggak usah terburu buru karena ada banyak sekali pilihan profesi di dalamnya. Dan YouthManual berusaha menampilkan sedetail mungkin perbandingan antara kecocokan profesi dengan kapasitas diri kamu.

Eksplorasi Profesi akan terlihat setelah melewati assessment 1,2,3,4 dan 5.

 

#8. Eksplorasi Jurusan

Nah akhirnya bertemu juga. Khusus untuk kamu yang masih sekolah dan berminat untuk melanjutkan kuliah.

Setelah kamu menyelesaikan assessment 1,2,3,4 dan 5. Maka kamu dengan leluasanya bisa membandingkan antara kapasitas diri (kepribadian, minat, kemampuan, dan personal values) jurusan mana yang paling cocok dengan kamu.

Dalam memilih jurusan juga mesti realistis lho. Kalau sekedar mencari gengsi, mendingan tinggalin deh. Misal kamu lebih memilih Perguruan Tinggi Negeri lalu memilih jurusan yang nggak sesuai minat kamu.

Karena pengalaman ku ketika guru merekomendasikan muridnya masuk ke PTN, lalu mengobarkan ke jurusan yang nggak favorite atau kurang diminati muridnya.

Sebaiknya kamu pertimbangkan juga. Tenang! karena perjalanan selanjutnya ada eksplorasi kampus.

YouthManual sudah mendata kampus yang ada di seluruh indonesia. Lengkap. Universitas Muhammadiyah Tangerang saja ada kok. Yang terbilang baru. Hehe. Karena aku kuliah di sini, di Prodi Ilmu Komunikasi. Karena aku gagal di SNMPTN 2014. Memang keren ya YouthManual ini.

Terus terang aku kagum dan merasa terbantu dengan kehadirannya YouthManual ini. Karena merasa senang juga. Akhirnya ada solusi untuk anak muda yang kebingungan memilih jurusan.

Persis seperti Eksplorasi Profesi. Di Eksplorasi Jurusan juga terdapat perbandingan antara kecocokan jurusan dengan minat dan kemampuan. Agar kita nggak salah pilih dan hasilnya akurat. Dan tentunya libatkan hati dalam memilih jurusan. Setuju ya?

peta perjalan ke 8 eksplorasi jurusan

 

#9. Eksplorasi Kampus

Mungkin ada jurusan yang cocok, namun kendala di kampusnya. Nah, di sini kamu bisa mencari kampus yang menyediakan jurusan yang kamu inginkan. Tinggal sortir daerah mana, lalu pilih kota mana, jurusan apa, dan kampusnya.

Bila kamu pada tahap ini masih bingung dalam memutuskan kuliah dimana dan jurusan apa. Pada peta perjalanan yang ke 10. Kamu bisa langsung konsultasi dengan para mentor yang sudah berpengelaman.

peta perjalan ke 9 eksplorasi kampus

 

#10. Tanya YouthManual.com

Pada Perjalan yang ke 10 ini. YouthManual.com membantu kamu yang masih mengalami kesulitan dalam memilih profesi, jurusan, atau bahkan kampus.

Saat ini masih Coming Soon. Masih tahap pengembangan. Dan Tentunya ini fasilitas premuim (jadi tunggu apa lagi. Segera join).

Tanya YouthManual masih tahap pengembangan.

 

Oh yah itu hanya 10 dari baru tertampil di peta perjalanan. Sebenarnya masih ada lagi lho.

  1. Ukur tingkat keterampilan menghadapi tantangan abad 21-mu
  2. Rencanakan semester panjangmu
  3. Rencanakan semester pendekmu
  4. Eksplor kegiatan dan ambil tanggung jawab di UKM
  5. Eksplor kegiatan akademis atau non akademis di dalam dan luar kampus untuk topik yang kamu minati
  6. Pantau nilai akademis-mu
  7. Eksplor College and Career Readiness Handbook
  8. Eksplor program pertukaran mahasiswa
  9. Bandingkan lima profesi
  10. Diskusi awal tentang profesi yang kamu minati dengan orang tua
  11. Diskusi awal tentang profesi yang kamu minati dengan mentor, alumni kampus, senior kampus, dan temanmu
  12. Eksplor kesempatan magang di dalam dan luar negeri sesuai dengan profesi yang kamu pertimbangkan
  13. Cari referensi lebih lanjut tentang profesi yang kamu minati
  14. Cari referensi lebih lanjut tentang perusahaan yang kamu minati
  15. Buat CV yang benar dan baik
  16. Mulai interview kerja dengan perusahaan yang kamu minati sebagai tempat magang atau kerja
  17. Mulai persiapkan topik untuk skripsi
  18. Mulai cari dosen pembimbing skripsi
  19. Eksplor artikel lainnya di Youthmanual

Kamu bisa baca dari fitur youthmanual premium di atas yang segera hadir di hadapan kamu. Betapa lengkapnya YouthManual.com ini. Serasa seperti memiliki manager dan konsultan pribadi ya? Asyik betul.

keunggulan dari YouthManual.com

 

 

Kenapa Kamu mesti Nyobain di YouthManual.com

Setidaknya ada 6 alasan kenapa aku merekomendasikan YouthManual.com ini kepada kamu yang belum memaksimalkan potensi diri.

#1. YouthManual membantu kamu menemukan dari kepribadian, minat, kemampuan, personal values lebih mendalam, hingga segala keperluan kuliah dan profesi kamu (lihat daftar di atas).

#2. Membantu merancang masa depan. Nggak hanya menemukan kepribadian, minat, kemampuan, dan personal values kamu. Lebih dari itu. Di YouthManual.com dibantu mulai dari memilih jurusan yang tepat, kampus yang tepat, serta profesi yang tepat. Karena Profesi adalah masa depanmu.

#3. Sangat friendly. Kamu nggak perlu pusing dalam menjalankan segala assessment yang ada di YouthManual.com. karena YouthManual.com ini sangatlah friendly.

#4. Akurat. 89% hasil data yang ditampilkan YouthManual.com akurat. Sesuai yang terjadi apa kita jalani sehari hari. Hanya saja kita kurang sadar. Maka dari itu YouthManual.com menyadarkan akan siapa diri kamu sebenarnya. 😀

#5. Memangkas biaya dan waktu trial error. Kamu nggak mau kan keluar uang jutaan bahkan puluhan juta hanya karena menghabiskan waktu untuk mencoba coba.

Aku sendiri butuh waktu 3 tahun lamanya untuk bisa menemukan apa profesi ku untuk masa depan. Di YouthManual.com hanya 79rb kamu bisa menikmati fasilitas premium yang aku sudah ulas seperti di atas.

Aku sendiri sudah menyelesaikan semua assessment yang ada di YouthManual.com. jadi tunggu apa lagi? (Masukin Kupon KEJARMIMPI10 buat dapetin diskon 10% akun premium dan kamu bisa ikuti langkah di sini untuk upgrade akunmu).

#6. Menjadi ‘Guide User’nya anak muda. Nggak hanya ada tes saja. Tapi ada artikel yang selalu update. YouthManual benar benar membantu anak muda dalam mencapai masa depannya.

Kamu tinggal cari artikel yang berhubungan dengan kondisi kamu saat itu. Atau kamu bisa tanya langsung kepada mentor di YouthManual.com

 

laptop acer swift 3 idamanku.

 

Acer Swift 3 Adalah Penunjang Profesi Ku

Aktivitas blogging nggak pernah terlepas yang namanya browsing, membaca, menulis, menuangkan segala ide ke dalam bentuk tulisan.

Karena bila melakukan aktivitas blogging menggunakan smartphone tentunya terbatas sekali, Sobat.

Aku memerlukan fasilitas yang sederhana namun mencukupi untuk kebutuhan profesi sebagai Profesional Blogger.

Ya, bagi ku Acer Swift 3 adalah solusinya. Daya tahan baterainya hingga 12 jam. Memungkinkan ku untuk nggak terlalu repot membawa charger.

Selain itu Acer Swift 3 ini menggunakan prosesor Intel® CoreTM i5-6200U dengan RAM sebesar 4GB DDR4. Tentu membuat aktivitas blogging ku semakin lebih cepat.

Dalam browsing pun lima kali jauh lebih cepat karena Acer Swift 3 ini menggunakan teknologi WLAN AC 2×2 MU-MIMO.

Dan Acer Swift 3 ini memiliki kapasitas 256GB SSD. SSD lho ya. Jadi transfer data pun lebih cepat.

Apa lagi Acer Swift 3 ini menggunakan USB 3.1 Type-C yang bisa multifungsi. Yang bisa digunakan sebagai port untuk mengisi daya input maupun output.

Dan ditambah port USB 3.0 yang membantu mengisi smartphone ku tanpa harus menyalakan laptop. (kayaknya kamu juga minat ya? Hehe)

 

 

Satu hal yang aku sukai dari Acer Swift 3 ini. Selain desainnya yang 100% full metal. Yakni fitur Touch Fingerprint Scanner. Dimana hanya meletakkan jari kita. Maka otomatis login pun semakin cepat, aman, dan nyaman.

Tentu data data blogging ku akan jauh lebih aman saat menggunakan teknologi Touch Fingerprint Scanner ini

Pokoknya Acer Swift 3 ini menjawab segala keinginan, kebutuhan, dan meningkatkan mobilitas ku sebagai seorang Profesional Blogger. Kalau kamu penasaran sama Acer Swift 3 ini. Boleh klik di sini.

 

Kenapa Profesional Blogger (sesi tanya jawab)?

“bisa dijelasin Kadika, Kenapa bisa suka baca dan nulis hingga akhirnya memutuskan menjadi Professional Blogger?”

Awalnya aku itu memang nggak suka membaca, karena aku ditemukan satu buah buku yang dimana isi bukunya benar benar ‘menampar’ kondisi ku saat itu. Jadinya aku ingin bertekad menjadi pribadi yang gemar membaca.

Bisa menulis itu karena aku berteman dengan para penulis(maksudnya mereka pandai menulis dibandingkan aku). Karena teman itu sangat lah memengaruhi sikap bahkan personal values kita.

Awalnya nggak bisa nulis, karena ada perbendaharaan. Jadinya agak pede untuk menulis. Awalnya dipaksakan. Namun setelah mendapatkan feedback yang baik dari teman dekat. Akhirnya terus menulis.

Aku merasa menulis itu mengalirkan kebahagiaan. Saat tulisan ku dibaca oleh banyak orang lalu mereka memberikan feedback positif. Ini yang membuat ku terus ingin menulis. Bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Bagi ku Blogger itu titik pertemuan antara minat ku membaca buku psikologi, motivasi, komunikasi, dan bisnis dengan kemampuan teknis ku.

Jadi ini juga hasil perenungan yang dalam *hmm*. Jadi YouthManual.com hadir sebagai solusi untuk anak muda yang ingin menemukan minat dan apa profesinya. Maksimalkanlah.

 

“kenapa Kadika memilih profesi Professional Blogger?”

Karena aku ingin bermanfaat. Aku ingin menyebarkan manfaat melalui tulisan. Karena ada kepuasaan. Namun pelajari juga bagaimana memonetizenya agar aku bisa hidup dari profesi ini.

Selanjutnya. Aku ingin di masa depan menikmati hidup. Awalnya membangun blog ini perlu dedikasi yang tinggi. Namun aku yakin di masa depan hanya butuh waktu beberapa jam saja untuk membuat konten.

Selebihnya aku bisa fokus dengan keluargaku.

 

“Apa ini PASSION Kadika?”

Ya. Karena ini memadukan antara minat di pengembangan diri dengan dunia IT.

 

“Professional Blogger itu ngapain aja sih kak?”

Membangun blog dengan tujuan komersil. Jadi kita sebagai Profesional Blogger. Membuat blog bukan sekedar buat, tapi ada tujuannya agar bisa dimonetize. Alhamdulillah www.dwiandikapratama.com sejak pertama dibuat. Sudah menghasilkan. Walaupun belum banyak, tapi ini langkah awal untuk menjadi Profesional.

Bahkan Ayah ku berkata “kamu sudah jadi profesional dik, kalau sudah lebih dari sekali memenangkan juara blog”. Ini juga salah satu alasannya.

 

“Kenapa nggak jadi Penulis kak?”

Bukan nggak mau sih, aku juga sedang menulis naskah. Hanya saja aku ingin lebih dikenal sebagai blogger.

 

“Apa pandangan Kadika di masa depan untuk Profesi Professional Blogger ini?”

Aku melihat di masa depan blogger adalah suatu yang menjadi identitas diri. Kalau sekarang ditanya apa ID Line atau ID IG nya. Di masa depan blog adalah sesuatu yang lumrah. Dan orang orang akan bertanya “apa link blognya?”.

Blog menjadi sangat memengaruhi persepsi seseorang. Karena blog mampu menunjang kepercayaan seseorang di dunia internet. Sekarang internet saja sudah canggih, apa lagi masa depan.

 

“pesan Kadika untuk Anak Muda yang belum menemukan minatnya?”

Sederhana. Join di YouthManual.com, register akun premiumnya. Lalu jalani setiap assessmentnya. Temukan siapa diri kamu sesungguhnya. Jangan buang buang waktu 1-3 tahun seperti ku untuk menemukan minat, kepribadian, serta kemampuan diri.

 

Kesimpulan

Setiap anak terlahir dengan potensi yang luar biasa. Jangan kerdilkan potensi mu hanya karena kamu belum mengenal dirimu yang sesungguhnya.

Jangan buang buang waktu untuk mencoba berbagi profesi dan apa sebenarnya minat mu. Karena sekarang ada YouthManual.com yang membantu kamu secara cepat, mudah, dan akurat.

Temukan apa minatmu, jadilah dirimu apa adanya. []

 

sumber:

youthmanual.com
acerid.com/2016/11/acer-swift-3-laptop-super-stylish-dengan-spesifikasi-optimal/

Azzaini, Jamil. ON. Bandung: Mizan, 2013.

terima kasih sobat, Alhamdulillah tulisan ini mendapatkan apresiasi juara 1 dalam Acer x YouthManual Blog Competition.

22 Comments

  1. mantap! sangat menginspirasikan sekali tulisan ini ka, mantap jiwa!!! heheh. apalagi yang yang YouthManual.com itu, wahh patut dicoba nih untuk mahasiwa dan siswa yang baru lulus, siapa tau bakalan ketemu passioan dia dimana heheh

  2. Keren. Bagus banget.

    Ini merupakan salah satu solusi untuk yang lagi pada bingung mencarai potensi diri.

    Terutama untuk dedek2 yang masih pada seger otaknya dan untuk yg lagi cari pengalaman. Toh masih banyak mahasiswa yang kelimpungan memahami diri sendiri. *curhatinicurhat. ?

    Sangat bermanfaat Kadika. Lanjutkan.. ???

  3. Tulisan ini sangat bagus sekali, sebetulnya saya kenal dengan penulisnya. Jujur Kadika ini memang berpengalaman dalam hal menulis dan saya rasa tulisan ini dapat menginspirasi banyak orang termasuk saya sendiri yang masih menjadi mahasiswa..

    Saya setuju dengan statement Kadika yang “Setiap anak terlahir dengan potensi yang luar biasa”, ada banyak sekali potensi yang luar biasa tinggal bagaimana menemukannya itu yang sulit, betul?

    Dengan adanya tulisan ini merupakan solusi untuk mengeksplorasi potensi yang ada dalam diri masing-masing 🙂
    Lanjutkan dan teruslah berkarya bro!

  4. Sangat bermanfaat sekali ya mengingat kini di era teknologi masyarakat generasi Z menjadi generasi yang maju namun memiliki tingkat membaca yang sangat kurang karena tidak beriringan dengan kemajuan teknologi yang ada. Sekian.

  5. Congratulation bro udah menang Acer X Youthmanual Blog Competition. Artikelnya saya akui sangat sangat memotivasi dan juga sangat sangat keren. Terudlah berkarnya. Mungkin suatu hari saya bisa berada di posisi anda atau mungkin diatas anda. Semua butuh proses. Sekali lagi congratulation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FREE EBOOK + WEBINAR

Dapatkan Ebook Pengembangan Diri untuk Kebahagiaan, Keahlian, dan Motivasi Anda dan WEBINAR Cara Jitu Jadi Blogger Produktif!




BERHASIL! Cek Email untuk lebih lanjut!